Senin, 09 Februari 2015

Terlalu Sering Buang Angin, Kurangi Makanan Ini

  
Foto: Assorted Vegetables / 5mhrm.com

Metrotvnews.com: Buang angin tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Namun jika berlebihan, hal ini tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman, apalagi di muka umum. Sangat memalukan bukan?

Gas berlebih bisa disebabkan lantaran Anda salah makan. Bahkan makanan yang kaya akan serat juga bisa menjadi penyebab umum mengapa Anda menghasilkan terlalu banyak gas.

Berikut beberapa makanan yang menyebabkan gas berlebih.

- Soda dan minuman ringan
Minuman bersoda dan manis mungkin terlihat menyegarkan. Namun minuman ini akan membuat perut Anda sulit untuk mencerna dan menghasilkan gas yang tidak nyaman untuk perut Anda.

Karbonasi dalam soda dan minuman ringan hanya udara, yang dapat menyebabkan kelebihan gas yang tidak nyaman. Fruktosa, gula yang digunakan untuk mempermanis beberapa minuman ini juga bisa sulit untuk dicerna, sehingga menghasilkan gas dalam usus.

- Kacang-kacangan
Kacang-kacangan terkenal sebagai makanan penghasil gas. Kacang menghasilkan gas berlebih lantaran memiliki kandungan farinosa tinggi, penyebab gas yang sama ditemukan dalam sayuran tertentu. Selain itu, kacang juga mengandung serat larut yang melepaskan gas usus dalam pencernaan.

- Oatmeal
Meski oatmeal merupakan makana sehat dan lezat, tapi ini juga merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan gas usus. Oatmeal, kue gandum dan gandum lainnya memiliki kandungan serat larut tinggi yang dapat menghasilkan gas berlebih.

- Susu dan produk lainnya
Susu dan produk susu lainnya mengandung gula yang disebut laktosa, ini membuat saluran pencernaan Anda sulit untuk memproses jika tubuh Anda tidak memiliki cukup enzim laktase.

Keju, es krim, dan susu semuanya mengandung laktosa yang dapat menyebabkan gas berlebih.

- Makanan dari tepung
Tepung sangat tinggi karbohidrat, dapat menyebabkan gas ketika saluran pencernaan Anda mulai menghancurkannya. Makanan dari gandum termasuk roti, sereal, dan pasta semuanya dapat menyebabkan gas usus. Makanan yang memproduksi gas umum lainnya dalam kategori ini adalah jagung dan kentang.

- Buah Buahan
Buah-buahan memang sehat bagi kesehatan, tapi beberapa buah-buahan mengandung gula lain yang disebut sorbitol, yang menyebabkan gas berlebihan. Buah prune, apel, persik dan pir merupakan penyebab terbesar. Bahkan permen karet bebas gula dan permen manis dengan
buah-buahan juga mengandung serat larut, yang saat dicerna dalam usus besar menghasilkan gas sebagai produk sampingan.

- Sayur Sayuran
Gula pada beberapa sayuran dapat menyebabkan gas usus saat dicerna. Bawang dan artichoke mengandung fruktosa, sedangkan gula yang lain seperti rafinosa, ditemukan dalam asparagus, kecambah, brokoli, dan kubis.

Sayuran yang memiliki serat larut, seperti kacang polong, dapat menyebabkan gas karena mereka dicerna dalam usus besar. (Ningtriasih / everydayhealth)
AWP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar